CAKUL – Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung terus bergerak untuk masyarakat. Salah satunya di Balai Desa Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Kami dari devisi kesehatan melakukan kegiatan di taman posyandu balita dusun Karangsudo di Balai Desa Cakul.

Jumlah anak-anak yang mengikuti Taman PAUD Posyandu terbilang cukup baanyak sekitar 20 anak. Rata-rata berumur 2,5 tahun sampai 4 tahun. Kami melaksanakan kegiatan bersama ketua PKK dan kader Posyandu Desa Cakul.

Di sana kami mengajarkan balita dan PAUD bernyanyi lagu anak-anak sambil bermain bersama. Setelah melakukan kegiatan tersebut anak-anak makan pagi dengan bekal yang dibawanya masing-masing.

Disela-sela kegiatan makan pagi, kami memberikan informasi mengenai manfaat makan pagi bagi kesehatan. Dari sisi kesehatan melihat menu-menu yang dibawa dari rumah belum memenuhi 4 sehat 5 sempurna, dikarenakan anak-anak hanya membawa makanan yang mengandung protein saja seperti telur, ayam, dan ikan.

Seharusnya bekal yang mereka bawa itu ada lauk, sayur, buah, dan susu. Supaya bisa memenuhi 4 sehat 5 sempurna, karena itu penting bagi kesehatan anak-anak, mengingat pada usia balita itu adalah masa-masa tumbuh dan berkembang.

Agar gizi meraka itu terpenuhi dan terhindar dari penyakit stunting. Inilah yang menjadi dasar utama pembetukan proker harian terkhusus devisi kesehatan, yang untuk selanjutnya kami menetapkan bahwa Taman Posyandu Balita menjadi proker Devisi Kesehatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Aug 18, 2022