BARANG, TRENGGALEK – Guna meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah dan siswa SD Negeri 02 Barang, digelar sosialisasi mengenai pola hidup bersih dan sehat sejak dini, Senin (5/8/2019). Kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKN IAIN Tulungagung bekerjasama dengan Puskesmas Bodag dengan mengangkat salah satu pilar KKN Revolusi Mental yaitu Indonesia Bersih.

Acara ini dihadiri oleh Promotor Kesehatan Puskesmas Bodag, Putri Anggitasari, S. KM dan Tim Kesehatan serta Kepala Sekolah SDN 02 Barang, Muyono, S. Pd. Selanjunya, Kegiatan sosialisasi disampaikan kepada 30 siswa dari kelas 4 sampai kelas 6 yang didampingi 3 guru yang masing-masing merupakan wali kelasnya.

Sosialisasi PHBS oleh Ibu Putri Anggitasari, S. KM

“Sosialisasi ini sangat penting bagi anak-anak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat merupakan tonggak dari kesehatan”, ungkap Kepala Sekolah.

Selain itu, Kepala Sekolah sangat berterima kasih kepada semua pihak karena telah membantu untuk menyadarkan anak-anak pentingnya memiliki pola hidup bersih dan sehat sejak dini.

Acara sosialisasi ini diambil dari salah satu pilar-pilar Revolusi Mental yaitu Indonesia Bersih. Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN merupakan program kerja dari Puskesmas Bodag.

Namun, karena terkendala waktu, program PHBS belum terlaksana dengan baik. Puskesmas Bodag sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain membantu program kerja yang belum terlaksana, Mahasiswa KKN juga memberikan sikat gigi dan pasta gigi gratis kepada siswa SDN 02 Barang.

“PHBS itu ada 8, yaitu CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), BAK dan BAB di kamar mandi, mengkonsumsi jajan sehat di kantin sekolah, olahraga terukur dan teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan tinggi badan setiap 6 buan sekali, membuang sampah pada tempatnya”, ungkap Putri Anggitasari, S. KM.

 Sosialisasi ini diakhiri dengan menyanyi yel-yel CTPS, praktik sikat gigi yang baik dan benar bersama Tim Kesehatan Puskesmas, serta Mahasiswa KKN memberikan Quiz berhadiah.

Tagged : Posko 2 Desa Barang, KKN Revolusi Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021