NGRENCAK, PANGGUL – Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung mengadakan kegiatan untuk membantu masyarakat Desa Ngrencak tentang virus hepatitis A, Sabtu, 03 Agustus 2019. Tujuannya, agar mendapat informasi terkait virus Hepatitis A yang sedang marak di beberapa Kecamatan.

Apalagi, Kecamatan Panggul merupakan perbatasan langsung dengan Pacitan yang kabarnya menjadi Kecamatan penderita hepatitis A terbanyak. Sosialisasi hepatitis A dan pelatihan ini bekerja sama dengan desa dan Ponkesdes Ngrencak, dengan mendatangkan salah satu perawatnya yaitu Solikan.

Solikan menyampaikan pentingnya pola hidup bersih. Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab per individu. Dimulai dari hal-hal kecil seperti, mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah di tempatnya, dan tidak membuang hajat sembarangan.

Sasaran kegiatan ini utamanya adalah warga Dusun Wonogondo, Desa Ngrencak. Para undangan Nampak antusias mendengar penuturan pemateri, sehingga banyak pertanyaan bermunculan darinya.

Kukuh, salah satu peserta melontarkan sebuah pertanyaan terkait penderita yang telah sembuh dari Hepatitis A, apakah virusnya mati atau suatu ketika dapat hidup kembali. Hepatitis A merupakan penyakit yang masih dapat disembuhkan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021