Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan nonformal jenis keagamaan yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memenuhi dasar-dasar dinul islam pada anak usia taman kanak-kanak.

TPQ & Madin Darul ‘Ulum yang terletak di dusun Krajan desa Pandean ini dibina oleh Bapak Toyib yang beroperasi setiap hari, kecuali hari Jum’at. Ustadz/ustadzahnya berjumlah 11 orang, yang mana untuk TPQ masih membutuhkan tenaga pendidik.

Setiap hari santri di TPQ ini diajarkan menulis Iqro’ dan membaca surat pendek. Sedangkan untuk hari Rabu, mereka diajarkan Fasholatan atau mempraktekkan gerakan dan tata cara sholat.

Rangkaian kegiatannya adalah Ustadzah mengucapkan salam sebelum do’a dimulai. Setelah do’a pembuka, dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek. Kemudian menghafal sifat-sifat Allah, Rukun Islam, Rukun Iman, dan Asmaul Husna menggunakan lagu. Setelah itu, mereka menulis iqro’ dan Asmaul Husna. Ketika kegiatan menulis, untuk mempersingkat waktu sebagian yang sudah selesai menulis mengumpulkan hasil tulisannya kemudian sorokan satu persatu. Selesai sorokan, santri diminta untuk membaca iqro’ dan asmaul husna yang telah ditulis tadi, secara bersama-sama. Kegiatan ini ditutup dengan do’a penutup majlis.

Selain TPQ, disini juga terdapat Madin yang berada dalam naungan yang sama. Madin ini terdiri dari 6 kelas dengan berbagai macam mata pelajaran, diantaranya Tauhid, Tajwid, Nahwu, Shorof, Fiqih, dan Hadits. Metode yang digunakan adalah metode pesantren.

Disinilah kami dapat mempraktekkan dan berbagi ilmu kepada adik-adik tentang keagamaan yang kami peroleh dari kampus dakwah dan peradaban Islam IAIN Tulungagung. Keagamaan disini sudah sangat maju dan masih kental akan budaya santrinya, bahkan Desa Pandean ini disebut desa santri oleh salah satu tokoh masyarakat/sesepuh di desa ini.

Author: Rishma/Nofa kkn-iain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Nov 30, 2021