PULE- Potensi wisata di Kecamatan Pule Trenggalek cukup banyak. Dengan sedikit sentuhan saja bisa menjadi daya tarik wisata yang ciamik. Seperti di Desa Pule persisnya di Gunung Kekep yang ada di Desa Tirisan.

Mahasiswa KKN Revolusi Mental IAIN Tulungagung mulai melirik lokasi itu untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Bersama masyarakat mereka melakukan survei lokasi.

Nah, pada Minggu (28/07/2019) mahasiswa melakukan kerja bakti. Mereka melakukan pembersihan dan pembabatan tahap awal di lokasi yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat wisata di Dusun Tirisan Desa Pule.

Mahasiswa KKN yang terdiri dari Mahasiswa posko 1 dan posko 2 melaksanakan kegiatan pembersihan tahap awal bersama masyarakat. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 06.30 WIB dan berakhir pada pukul 09.00 WIB.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, mahasiswa posko 1 dan 2 telah melakukan koordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan Karang Taruna pada Sabtu malam, 27 Juli 2019 yang bertempat di kediaman Bapak Marni.

Koordinasi tersebut menghasilkan keputusan bahwa tokoh masyarakat dan perangkat desa sangat mengapresiasi dan mendukung program yang menjadikan Gunung Kekep sebagai tempat wisata yang akan menjadi ikon wisata di Desa Pule. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menjadikan Desa Pule sebagai desa maju yang masyarakatnya sejahtera.

Harapanya, dengan adanya program tersebut, perekonomian masyarakat Desa Pule khususnya Dusun Tirisan akan mengalami peningkatan.

Sebelumnya, mahasiswa KKN Revolusi Mental Desa Pule mengajak masyarakat bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk membangun desa wisata di Desa Pule, lebih tepatnya di Dusun Tirisan, Desa Pule, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek.

Dusun Tirisan termasuk dalam kawasan pegunungan. Kawasan yang memunculkan potensi keindahan alam yang indah dan cukup menarik dijadikan tempat wisata. Wilayah yang akan dijadikan tempat wisata yaitu, Gunung Kekep. Tempat strategis untuk memunculkan rasa relax dan menghilangkan penat. Oleh karena itu, mahasiswa KKN RM Desa Pule bersama LMDH dan warga setempat sepakat untuk membangun sebuah wisata di daerah Gunung Kekep tersebut.

Dengan adanya tempat wisata di Dusun Tirisan, diharapkan mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, dan mampu menjadikan Desa Pule menjadi Desa yang maju dan mandiri.

Untuk memikat minat masyarakat, wisata Gunung Kekep tersebutakan dikemas kekinian tapi tetap alami. Kekinian dengan dihadirkan bermacam spot-spot foto yang instagramable, dan dikemas alami dengan tetap menyuguhkan panorama keindahan Kecamatan Pule dari ketinggian.

Bukan hanya itu, untuk menyuguhkan kesan tradisional akan dibangun warung kopi di atas gunung. Dengan begitu, dalam satu wilayah akan tersaji suatu tempat wisata yang bisa dikunjungi siapa saja dan dari kalangan apa saja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Tuesday, Nov 30, 2021