DONGKO – Pelepasan peserta KKN Gelombang II telah dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin. Setelah pelepasan, pada tanggal 19 Juli 2019 peserta KKN Gelombang II diberangkatkan dan melaksanakan pembukaan di masing-masing desa.

Pada 23 Juli 2019, peserta KKN Desa Cakul melaksanakan pembukaan di Balai Desa dengan di hadiri oleh masing-masing  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) posko 1 yakni Nur Aziz Muslim dan posko 2 Ali Somad.

Serta dihadiri oleh perangkat desa yang meliputi Sekretaris Desa, Kepala Dusun, dan Ketua PKK Desa Cakul serta seluruh peserta KKN Desa Cakul.

Dalam sambutan DPL untuk penyerahan peserta KKN Desa Cakul di wakili oleh Ali Somad. Dia mengatakan KKN di Desa Cakul adalah jenis KKN Reguler yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat multisektoral berbasis potensi lokal.

‘’Jadi di sini peserta KKN Cakul bukan mencari masalah untuk di pecahkan, melainkan mengembangkan potensi dalam rangka pemecahan masalah,’’ katanya.

Dalam sambutannya, disampaikan terkiat filosifi nama-nama desa yang berurutan. Misalnya Desa Sumber Bening yang diartikan sebagai sumber segala kehidupan baik manusia dan makhluk hidup lainnya. Kemudian memasuki Desa Pandean yang berarti pande atau tempat menempa besi. Cangkul sebelum digunakan harus dipande untuk mempertajam ujung cangkul.

Setelah melewati Desa Pandean maka dihadapkan kenyataan yang sebenarnya yaitu Desa Cakul yang diejawantahkan sebagai alat untuk mengolah tanah. Dengan sedemikian rupa perjalanan yang dilalui dapat memberikan hasil yang menjadikan desa sejahtera.

Mahasiswa IAIN Tulungagung yang bertugas dalam program KKN di desa Cakul berjumlah 39 anggota yang terbagi menjadi 2 posko. Posko 1 terletak di dusun Karangsudo sedangkan posko 2 terletak di dusun Kapit. Mayoritas mahasiswa berasal dari luar kota bahkan ada pula yang berasal dari luar Jawa dan luar Negeri.

Sekretaris Desa Cakul Patah mengatakan ketersediaannya menerima peserta KKN Desa Cakul serta bersiap turut serta dalam membantu kegiatan teman-teman Peserta KKN. Menurutnya, bagaimanapun yang dilakukan peserta KKN adalah demi berkembangnya potensi desa.

Acara pembukaan KKN Desa Cakul diakhiri dengan foto bersama DPL dan perangkat desa sekaligus seluruh peserta KKN Desa Cakul. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Jun 27, 2022