MALUKU UTARA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung mendapat kesempatan terlibat dalam program kuliah kerja nyata (KKN) Kebangsaan yang digelar di Ternate-Tidore.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Tulungagung Ngainun Naim mengatakana ada lima mahasiswa yang telah lolos untuk dilibatkan KKN kebangsaan tersebut.

‘’Kami mengantarkan lima anak untuk ikut KKN kebangsaan,’’ katanya.

Naim menuturkan, pembukaan digelar di Pandopo Arena Budaya Kota Tidore yang dihadiri Direktur Kemahasiswaaan Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin, M.Pd Jumat (19/07/2019). Kegiatan nasional ini diikuti oleh lebih dari lima puluh tiga kampus yang ada di Indonesia.

Sementar itu, Ada 300 mahasiswa peserta KKN Kebangsaan akan dibagi di dua wilayah. Yakni di Kota Ternate dan Tidore. Sebelumnya, peserta KKN Kebangsaan akan mengikuti pembekalan dan pelatihan yang dilangsungkan di Kota Tidore.

Upacara pembukaan KKN Kebangsaan yang berlangsung meriah dan diiringi berbagai tarian tradisional ciri khas Kota Tidore ini juga ditandai dengan penyerahan mahasiswa KKN Kebangsaan oleh Kemenristekdikti kepada Pemerintah Maluku Utara yang diserahkan kepada Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba.

Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr. Didin Wahidin M. Pd mengatakan bahwa KKN Kebangsaan tersebut bertujuan untuk menggaung silaturahmi antara mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dia berharap dengan terlaksananya KKN Kebangsaan yang dipusatkan di Kota Ternate dan Tidore ini dapat menambah wawasan mahasiswa untuk mempelalajari dan mengaplikasikan banyak hal yang ada di Maluku Utara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021