SAMARINDA – Ada lima mahasiswa IAIN Tulungagung yang lolos seleksi untuk ikut kuliah kerja nyata (KKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Mereka akan melakukan KKN bersama mahasiswa dari delapan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) eks cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya. Yakni, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Jember, IAIN Madura, IAIN Samarinda, IAIN Ponorogo, IAIN Kediri, UIN Mataram.

KKN Nusantara ini adalah yang kali kedua setelah sebelumnya bertempat di lombok NTB.

Lima mahasiswa yang terlibat dalam KKN adalah A’yunin Nadzifah dari jurusan PAI, Elda ‘Urwatul Wustqo dari Tadris Biologi, Maryatul Kibtiyah dari jurusan Ekonomi Syariah, Nada Afifah Silmi dari PBA, dan Ulya Icha Putri Nihayah dari TBI.

Mereka tersebar di berbagai desa yang ada di provinsi tersebut. Seperti di Desa Muara Badak Ulu, Desa Tanjung Limau, Desa Gas Alam dan Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Ada pula yang ditempatkan di Kelurahan Sarijaya Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Tulungagung Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag mengatakan lima mahasiswa diantar ke IAIN Samarinda untuk mendapatkan pembekalan pada Senin-Selasa (8-9/7/2019). Setelahnya pada Rabu, 10 Juli 2019 mahasiswa dilepas untuk menuju ke lokasi KKN.

‘’Mereka di sana ada pembekalan selama dua hari oleh tim LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. Kemudian, dilepas oleh rektor dan pimpinan sembilan kampus,’’ kata dia.

Sementara itu, dalam sambutannya Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd menuturkan pembekalan para peserta KKN termasuk tanggungjawab lembaga untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum berada di tengah masyarakat.

‘’Pembekalan akan menjadi modal pengetahuan mahasiswa agar memiliki perencanaan yang baik dan kepercayaan diri yang tepat sebelum terjun di tengah masyarakat,” ujarnya.

Rektor berharap mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dengan tuntas agar memiliki tambahan kompetensi dan persiapan yang matang.

Diketahui Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Nusantara tahun 2019 diikuti oleh 845 Mahasiswa. Kemudian, dibagi menjadi 70 kelompok. Setelahnya, ditempatkan di berbagai lokasi di daerah Samarinda, Kutai Kartanegara hingga Balikpapan. (aam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021