Tulungagung – Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menyelenggarakan Workshop Community Engagement bagi Dosen.Workshop tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin pukul 19.30 WIB di Hotel Resort Swaloh Wonorejo – Tulungagung.

Dalam acara pembukaan tersebut, Ketua LP2M IAIN Tulungagung, Ngainun Naim  menerangkan bahwa pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang pertama mencakup 5 (lima) kecamatan beberapa diantaranya ada di Kabupaten Terenggalek.

“Menyambung program KKN yang akan datang maka perlu diadakannya diklat Dosen Pendamping Lapangan atau DPL yang diikuti 60 lebih peserta agar program KKN yang akan datang bisa lebih produktif lagi dibawah pendampingan dosen yang kompeten,” terang Ngainun Naim.

Menurutnya, hal tersebut karena sebelum program KKN dilakukan, DPL diharuskan melalui proses pembekalan yang sudah diadakan oleh LP2M selama 3 hari kedepan. Diklat DPL tersebut LP2M IAIN Tulungagung menghadirkan Rahardi dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) sebagai narasumber utama untuk menemani pembekalan DPL KKN selama 3 hari ke depan.

Sementara itu Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin  dalam sambutannya menghaturkan selamat kepada LP2M karena sudah melaksanakan tugasnya dengan baik serta berhasil menorehkan prestasi berupa penghargaan pelaksana terbaik program KKN Revolusi Mental se-Indonesia.

“Harapan kita bersama kita bisa menjaga kinerja dan kalau bisa mampu melampaui hasil yang kita dapatkan pada masa yang lalu,” kata Rektor.

Maftukhin juga berharap kedepannya hasil KKN mampu berkolaborasi dengan riset. Karena selama ini dana untuk riset sebenarnya sangatlah banyak, dan alangkah baiknya sebagian dana itu dipakai dan dikolaborasikan dengan riset pada program KKN kedepan.

Mengakhiri sambutannya Rektor mengatakan kalau DPL jangan sekedar menjadi pendamping atau mendampingi, datang menjenguk satu sampai dua jam terus pulang, tambah lagi datang berkunjung hanya satu-dua kali saja sepanjang waktu KKN berlangsung. Tetapi, lebih menekankan proses kinerja KKN yang dilakukan oleh mahasiswa bersama-sama berkolaborasi dengan DPL mewujudkan pengabdian yang berkontributif kepada masyarakat berupa produk terutama hasil riset.(lp2m/farid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
LP2M

IAIN Tulungagung

Saturday, Oct 23, 2021